Travel Door to Door & Sewa Mobil Carter Drop Online

Jepara ~ 1 tour

Jepara, sebuah kota kecil di pesisir utara Jawa Tengah, dikenal sebagai kota kelahiran R.A. Kartini, pahlawan emansipasi wanita Indonesia. Namun, Jepara bukan hanya tentang sejarah dan peranannya dalam perjuangan wanita Indonesia. Kota ini juga merupakan surga tersembunyi dengan berbagai destinasi wisata yang memukau. Mulai dari pantai berpasir putih, keindahan bawah laut, hingga kerajinan ukir yang terkenal, Jepara menawarkan pengalaman yang kaya dan tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

1. Keindahan Pantai dan Kepulauan

Pantai Kartini

Pantai Kartini adalah salah satu destinasi wisata paling ikonik di Jepara. Terletak hanya sekitar 2,5 km dari pusat kota, pantai ini menawarkan panorama indah dengan pasir putih dan laut biru yang tenang. Di sini, pengunjung dapat menikmati suasana santai, berperahu, atau berkunjung ke Akuarium Kura-Kura yang unik berbentuk kura-kura raksasa. Pantai ini juga menjadi titik awal bagi wisatawan yang ingin menjelajah ke Pulau Karimunjawa.

Pulau Karimunjawa

Pulau Karimunjawa, sering disebut sebagai “Surga Tropis dari Jawa”, adalah gugusan 27 pulau yang menawarkan keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Terumbu karang yang masih alami, kehidupan laut yang beragam, serta pantai-pantai eksotis menjadikan Karimunjawa sebagai destinasi favorit bagi para penyelam dan pecinta alam. Selain snorkeling dan diving, pengunjung juga bisa melakukan island hopping untuk menjelajahi pulau-pulau kecil yang menawan.

Pantai Bandengan

Pantai Bandengan, atau dikenal juga sebagai Pantai Tirta Samudra, menawarkan suasana yang lebih tenang dan cocok untuk keluarga. Pantai ini terkenal dengan airnya yang jernih dan pasir putih yang halus. Aktivitas seperti berenang, bermain kano, dan menikmati pemandangan matahari terbenam sangat populer di sini. Di sekitar pantai, terdapat banyak warung yang menjual makanan laut segar yang menggugah selera.

2. Wisata Alam Pegunungan

Air Terjun Songgolangit

Air Terjun Songgolangit, terletak sekitar 30 km dari pusat kota Jepara, menawarkan pemandangan yang memukau dengan air yang jatuh dari ketinggian sekitar 80 meter. Dikelilingi oleh hutan hijau yang lebat, air terjun ini merupakan tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati ketenangan alam. Perjalanan menuju air terjun ini juga menjadi petualangan tersendiri, karena pengunjung harus melewati jalan setapak yang dikelilingi oleh keindahan alam.

Bukit Bejagan

Bukit Bejagan, terletak di Desa Bejagan, menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari atas ketinggian. Dari puncak bukit, pengunjung dapat melihat panorama laut, perbukitan hijau, dan kota Jepara yang indah. Bukit ini juga menjadi tempat favorit bagi para pencinta alam dan fotografer untuk mengabadikan momen matahari terbit atau terbenam.

3. Wisata Budaya dan Sejarah

Museum R.A. Kartini

Mengunjungi Jepara tidak lengkap tanpa mengunjungi Museum R.A. Kartini. Museum ini didedikasikan untuk mengenang perjuangan R.A. Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan di Indonesia. Terletak di pusat kota Jepara, museum ini menyimpan berbagai koleksi pribadi Kartini, termasuk surat-suratnya yang terkenal. Ini adalah tempat yang penuh inspirasi bagi mereka yang ingin memahami lebih dalam tentang sejarah dan perjuangan wanita Indonesia.

Sentra Kerajinan Ukir Jepara

Jepara dikenal sebagai pusat kerajinan ukir kayu di Indonesia. Berjalan-jalan di sekitar kota, Anda akan menemukan berbagai toko dan bengkel yang memamerkan keterampilan ukir yang luar biasa. Dari furnitur hingga dekorasi rumah, karya ukiran dari Jepara terkenal akan detail dan keindahannya. Sentra kerajinan di Desa Mulyoharjo dan Desa Mantingan adalah tempat yang harus dikunjungi untuk melihat proses pembuatan ukiran secara langsung dan membeli produk-produk unik sebagai oleh-oleh.

4. Wisata Religi

Masjid Mantingan

Masjid Mantingan adalah salah satu masjid tertua di Jepara dan memiliki arsitektur yang unik dengan perpaduan gaya Jawa dan Cina. Dibangun pada abad ke-16, masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga situs sejarah yang penting. Di sekitar masjid, terdapat makam Sultan Hadlirin dan Ratu Kalinyamat yang merupakan tokoh sejarah penting di Jepara.

Vihara Sakyamuni

Vihara Sakyamuni adalah tempat ibadah bagi umat Buddha yang terletak di daerah Muria. Vihara ini menawarkan suasana yang damai dan tenang dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Di sini, pengunjung dapat merasakan ketenangan spiritual sambil menikmati keindahan alam pegunungan yang sejuk.

5. Kuliner Jepara

Pindang Serani

Pindang Serani adalah hidangan khas Jepara yang wajib dicoba. Sup ikan ini memiliki rasa asam, pedas, dan segar yang khas, dibuat dengan bumbu-bumbu tradisional seperti serai, jahe, dan asam jawa. Biasanya, pindang serani menggunakan ikan bandeng atau ikan laut lainnya yang segar dari perairan Jepara.

Horok-Horok

Horok-horok adalah makanan ringan tradisional yang terbuat dari tepung sagu. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang unik membuat horok-horok menjadi camilan favorit di Jepara. Makanan ini biasanya disajikan dengan gula merah cair atau kelapa parut, memberikan rasa manis dan gurih yang pas.

6. Festival dan Acara

Festival Kartini

Setiap bulan April, Jepara menggelar Festival Kartini untuk merayakan hari lahir R.A. Kartini. Festival ini diisi dengan berbagai acara seperti parade budaya, lomba kerajinan tangan, dan pertunjukan seni. Ini adalah kesempatan yang bagus untuk melihat kekayaan budaya Jepara dan merasakan semangat perjuangan Kartini.

Pesta Lomban

Pesta Lomban adalah festival tahunan yang diadakan seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri. Festival ini dirayakan dengan pesta laut dan tradisi lomban, di mana masyarakat melarung sesaji ke laut sebagai wujud syukur atas rezeki yang diberikan Tuhan. Pesta ini juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba perahu dan hiburan rakyat.

Penutup

Jepara adalah kota yang penuh pesona, menggabungkan keindahan alam, kekayaan budaya, dan warisan sejarah yang kaya. Dengan berbagai destinasi wisata yang ditawarkan, Jepara adalah tempat yang ideal untuk melarikan diri dari rutinitas sehari-hari dan menikmati keindahan yang masih alami. Jadi, kapan Anda akan merencanakan kunjungan Anda ke Jepara?

Travel Jakarta Jepara PP

Jepara
Rp 450.000 / Sekali Jalan

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.